Tuesday 31 July 2018

Rufus Software membuat windows bootable di flasdisk

SOFTWARE Rufus

Rufus, merupakan salah satu perangkat lunak utilitas yang berguna untuk membuat bootable USB flash drive. Bootable USB flash drive adalah USB flash drive atau USB hard disk drive eksternal berisi sistem operasi atau perangkat lunak lain yang bisa di-boot (bootable), artinya dapat dijalankan saat komputer dalam keadaan boot-up / booting. Pengembang Rufus secara resmi mengklaim bahwa Rufus dua kali lebih cepat dalam memuat file ISO ke dalam USB flash drive dibandingkan dengan UNetbootinUniversal USB Installer atau Windows 7 USB Download Tool. Selain itu, Rufus juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

Kelebihan Rufus

1. Berukuran sangat kecil. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bootable USB flash drive memang berukuran relatif kecil, namun Rufus berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan perangkat lunak serupa, Rufus versi saat ini berukuran tidak lebih dari 1MB.
2. Tersedia versi portabel. Untuk Anda yang membutuhkan Rufus versi portabel, Anda dapat mengunduh Rufus versi portable sehingga Anda dapat menyimpannya dalam media penyimpanan (misalnya USB flash drive) dan langsung menjalankannya tanpa harus repot memasangnya pada sistem lokal.
3. Mendukung pemrosesan file ISO yang berisi berbagai platform.Sebenarnya Rufus hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, namun Anda dapat membuat bootable USB flash drive dengan file ISO yang berisi sistem operasi Windows, Linux (dan BSD), MacOS dan berbagai perangkat lunak bootable dengan jenis BIOS atau UEFI.

Download Rufus Terbaru
Tampilan Rufus

5. Dapat digunakan untuk melakukan format tingkat rendah (low level format). Low atau rendah, dalam arti proses formatting lebih dekat ke perangkat keras dibandingkan dengan proses formatting standar, low level format dilakukan pada perangkat keras penyimpan data seperti hard disk drive atau USB flash drive untuk membuat data terhapus tidak dapat dikembalikan (recovery).
Beberapa sumber mengklaim low level format dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah format pada perangkat penyimpanan data, misalnya perangkat hard disk drive yang tidak dapat diformat menggunakan fitur built-in Windows.

Download Rufus Terbaru

Selain beberapa kelebihan yang telah dijelaskan diatas, ada satu lagi yang membuat Rufus banyak digemari banyak orang yakni dukungan formatting berbagai jenis file system. Rufus juga mendukung formatting perangkat keras media penyimpanan ber-file system FAT, FAT32, NTFS, exFAT, UDF atau ReFS. Download Rufus terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:
Load disqus comments

0 comentários